KAPANKAH IA KELAK MENINGGALKAN
TEMPAT KESUCIAN ITU?


 

Pertanyaan No. 38 :

Tongkat Gembala tampaknya mengatakan, bahwa Yesus akan meninggalkan tempat Yang Maha Suci itu pada pelaksanaan eksekusi pembantaian Yeheskiel pasal 9, sedangkan buku Early Writings, p. 36 tampaknya mengatakan, bahwa la akan meninggalkan tempat itu sesudah pekerjaan-Nya di dalam tempat kesucian itu selesai, dan kemudian akan datang tujuh bela yang terakhir itu. Bagaimanakah dapat Saudara mencocokkan kedua tulisan itu?

Jawab :

Walaupun penulis buku Early Writings itu mengatakan, bahwa Kristus tidak akan meninggalkan tempat kesucian itu sebelum "pekerjaan-Nya selesai," namun di tempat lain ia menulis: “Mereka akan hidup dari kekeliruan-kekeliruan dan kesalahan-kesalahan orang-orang lain, ‘sampai kelak’, demikian kata malaikat, ‘Tuhan Yesus akan bangkit dari tugas pembelaan-Nya di dalam tempat kesucian sorga, dan akan memakaikan diri-Nya dengan pakaian-pakaian pembalasan, lalu mengejutkan mereka pada pesta perayaan mereka yang tidak suci itu, maka mereka akan menemukan dirinya tidak siap bagi pesta ‘perkawinan Anak Domba itu’." --- Testimonies, vol. 5, p. 690.

Melihat kepada pertanyaan itu di bawah terang dari kedua ucapan (Nyonya White) di atas, maka kita saksikan, bahwa Kristus akan meninggalkan tempat kesucian itu pada sesuatu saat pada "pembukaan gulungan suratan itu.” Setelah mendatangi sidang, maka Ia menemukannya bukan dalam keadaan tidak bercacad-cela dan siap untuk menyambut-Nya, melainkan dalam dosa yang sangat dalam, namun sambil merasa puas diri mereka terus hidup dari kekeliruan-kekeliruan, kesalahan-kesalahan, dan kepalsuan-kepalsuan orang-orang lain.

Kini persoalan di depan kita bukanlah bagaimana mencocokkan Tongkat Gembala dengan Early Writings itu, melainkan mencocokkan Early Writings dengan Testimonies. Sekaliannya ini akan dengan sendirinya cocok apabila dimengerti, bahwa Kristus akan meninggalkan tempat kesucian itu lebih dari satu kali: sekali sesudah "pekerjaan penghabisan bagi sidang" (Testimonies, vol. 3, p. 266), dan kemudian sesudah pekerjaan penghabisan bagi dunia.