DALAM METERAI YANG MANA ?

 

Pertanyaan No. 36 :

Bagaimanakah mungkin pemeteraian mereka yang 144.000 itu (buah-buah pertama) dan rombongan besar orang banyak itu (buah-buah kedua), keduanya terjadi di bawah meterai yang ke enam, sebagaimana yang ditunjuk oleh Wahyu pasal 7 dari kedudukannya di antara peristiwa-peristiwa akhir dari meterai yang ke enam dan pembukaan meterai yang ketujuh?

Jawab :

Wahyu pasal 7, yang datang di antara peristiwa-peristiwa terakhir dari meterai yang keenam dan pembukaan meterai yang ketujuh, secara biasa terlihat menempatkan pemeteraian mereka yang 144.000 itu maupun pemeteraian rombongan besar orang banyak itu di antara peristiwa-peristiwa dari meterai yang keenam. Namun penyelidikan yang saksama terhadap ketujuh meterai-meterai itu akan membuktikan, bahwa pasal enam berkaitan langsung dengan pasal delapan, sebagai kelanjutannya. Oleh sebab itu pasal tujuh itu merupakan sisipan, dan tidak membatasi dirinya apakah ikut pada meterai yang keenam atau kepada meterai yang ketujuh.

Dengan perkataan lain, meskipun pasal tujuh itu menyusul peristiwa-peristiwa meterai yang keenam, dan mendahului peristiwa-peristiwa meterai yang ketujuh, namun pasal itu tidak lagi perlu diambil dalam urutan kronologis seperti halnya pasal 12 sampai pasal 22 yang diambil sebagai bagian dari meterai yang ketujuh hanya karena pasal-pasal itu telah tercatat segera menyusul peristiwa-peristiwanya. Waktu dari peristiwa-peristiwa pasal tujuh itu harus ditentukan secara berkaitan dengan cara yang sama seperti yang diharuskan terhadap peristiwa-peristiwa pasal dua belas sampai pasal dua puluh dua.