SIAPAKAH YANG MENGIDENTIFIKASI
PLANET-PLANET YANG TERLIHAT DALAM KHAYAL ?


 

Pertanyaan No. 27 :

Dalam sejarahnya mengenai Pergerakan Advent Pendeta Loughborough menceriterakan: "Dalam bulan November 1846 telah diadakan suatu rapat di Topsham, Maine, di mana Pendeta Bates hadir. Pada pertemuan itu Nyonya White ……… memperoleh sebuah khayal, yang mana telah membuat Pendeta Bates menjadi sangat puas karena keaslian otentik ilahi dari pada sekaliannya ……… Nyonya White, selama dalam khayal itu, mulai berbicara mengenai bintang-bintang, sambil memberikan suatu gambaran yang bersinar-sinar mengenai gelang-gelang berwama merah yang dilihatnya melintasi permukaan sebagian planet, dan menambahkan: 'Saya melihat empat buah bulan.’ Pendeta Bates mengatakan: 'Oh, ia sedang melihat Jupiter!’ Kemudian setelah membuat gerakan-gerakan seolah-olah sedang berjalan-jalan di angkasa, maka mulailah ia memberi gambaran mengenai gelang-gelang dan lingkaran-lingkaran itu dalam berbagai keindahannya yang senantiasa bervariasi, dan mengatakan: 'Saya melihat tujuh buah bulan: Pendeta Bates kemudian mengatakan: 'Ia sedang melukiskan Saturnus.’ Berikutnya Nyonya White mengatakan: 'Saya melihat enam buah bulan,’ dan serentak mulailah suatu gambaran mengenai 'terbukanya segala langit,’ dengan kemuliaannya ……… " --- "The Great Second Advent Movement,” pp. 257, 258.

Teleskop-teleskop yang jauh lebih kuat dan pemotretan bintang masa kini telah memungkinkan para ahli bintang untuk menemukan bahwa Yupiter mempunyai sembilan buah bulan, dan Saturnus mempunyai sepuluh buah. Tambahan lima buah bulan dari Yupiter itu ditemukan di antara tahun-tahun 1892 dan 1914. Bulan yang kedelapan dari Saturnus itu ditemukan dalam tahun 1848, dan yang kesembilan ditemukan dalam tahun 1899, dan yang Kesepuluh dalam tahun 1905. Dan karena khayalnya itu, telah ditemukan bahwa Uranus hanya memiliki empat buah bulan dan bukan enam buah.

Dalam terang dari bukti-bukti kenyataan astronomis ini, bagaimanakah tanggapan Saudara terhadap ilham dari tulisan-tulisan Nyonya White itu?

Jawab :

Buku "The Great Second Advent Movement" pp. 257, 258 itu, sama sekali tidak mengatakan bahwa Nyonya White menyebut nama planet-planet itu, melainkan sedang diulangi kembali apa yang diakui dikatakan oleh orang-orang yang hadir pada waktu Nyonya White memperoleh khayal mengenai planet-planet itu. Lagi pula, ia itu juga tidak mengisyaratkan bahwa Nyonya White telah setuju dengan semua penunjukan itu yang oleh Pendeta Bates (dalam terang pengetahuan astronomis yang ada pada waktu itu) telah diberikan kepada planet-planet yang dibayangkan Nyonya White di waktu itu. Bagaimanapun adalah lumrah baginya untuk mengidentifikasi planet-planet itu seperti yang dilakukannya karena sekaliannya itu cocok dengan ajaran-ajaran astronomis pada waktu itu. Sebab itu, karena ia hanya pada saat penuh perhatian yang bukan sesuai dengan ungkapan Ilahi, telah mengidentifikasi dan mengesahkan apa yang bukan diidentifikasi dan disahkan Allah, maka itupun tidak akan sama dengan tuduhan-tuduhan yang dilontarkan kepada Nyonya White di dalam pertanyaan di atas.

Nyonya White jelas tidak mengetahui apapun tentang nama-nama dari planet-planet itu; Pendeta Bates tidak banyak mengetahuinya, dan kita di waktu ini pun hanya mengetahui sedikit saja sekiranya ada. Jika dan apabila Allah menganggapnya perlu untuk memberitahukan nama-nama planet-planet itu, maka identifikasi-Nya terhadap planet-planet itu akan tepat; sehingga kita akan mengetahui.