KAPANKAH DIMULAI MASA KESUDAHAN ITU?

 

Pertanyaan No. 18 :

Kapankah dimulai "masa kesudahan itu" di mana buku Daniel itu diungkapkan?

Jawab :

Malaikat yang memberi petunjuk kepada Daniel itu menyatakan bahwa buku itu akan ditutup sampai masa kesudahan. Sesuai dengan itu, maka bukan sebelumnya ataupun sesudah itu, melainkan di dalam masa kesudahan buku itu harus dibuka.

Masa periode ini ditandai oleh suatu peningkatan pengetahuan dan oleh "pergi datangnya" orang-orang. Daniel 12 : 4, 9.

Karena sebagian besar buku Daniel itu kini sudah dimengerti dan karena kita sekarang berada dalam zaman automotif, yaitu zaman meningkatnya pengetahuan, dengan orang-orang yang beterbangan ke sana ke mari, maka jelaslah bahwa kita sekarang hidup "di dalam masa kesudahan itu." (Masa kesudahan = masa akhir zaman).

Daniel 11 : 40 memperjelas bahwa pada (at) masa kesudahan, bukan di dalam (in) masa kesudahan itu, Raja dari Utara akan mengadakan beberapa peperangan yang berhasil melawan Raja dari Selatan. Dengan sendirinya, "masa akhir zaman itu" harus sudah dimulai pada penutupan abad ke delapan belas dan pada permulaan abad kesembilan belas, dengan kemenangan-kemenangan yang diraih oleh Raja dari Utara. (Lihatlah peta di dalam buku kecil kami Traktat No. 12, DUNIA KEMARIN, HARI INI, DAN ESOK).