Sebuah Teori Tentang Perayaan Paskah
Yang Mencoba Menunjang Pemeliharaan Sabat Penghitungan Bulan
(Lunar Sabbath)


 

Pertanyaan:

Dalam usaha untuk membangun teorinya sendiri, maka sebuah brosur yang berjudul The Sabbath of Creation (Hari Sabat Kejadian) berpendapat, bahwa perayaan Paskah itu dirayakan pada permulaan hari keempat belas dari bulan yang pertama, sambil menentukan hari ketiga belas dari bulan yang sama itu sebagai persiapan untuk menyembelih domba Paskah. Benarkah ini ?

 

Jawab:

"Pada hari yang keempat belas dari bulan yang pertama pada malamnya ialah Paskah Tuhan. Dan pada hari yang kelima belas dari bulan yang sama itu ialah pesta perayaan roti yang tidak beragi." Immamat 23 : 5, 6.

Oleh sebab itu jelaslah, bahwa mereka akan menyembelih domba Paskah itu di sore hari yang keempat belas, dan akan mengadakan pesta perayaan itu di malam hari atau pada permulaan hari yang kelima belas.

Buku kecil itu juga berpendapat, bahwa Yesus mati pada hari yang ketiga belas dari bulan itu, yang mana sesuai dengan kalkulasi - kalkulasinya, telah jadi kira-kira sewaktu domba Paskah dari hari yang keempat belas itu akan disembelih.

Sedangkan Matius, Markus, Lukas, dan Yahya --- keseluruhan empat injil itu --- sepakat bahwa "hari yang pertama dari roti yang tidak beragi itu, sewaktu mereka membunuh domba paskah itu, murid-murid-Nya mengatakan kepada-Nya : Ke tempat manakah Engkau menghendaki kami pergi dan mempersiapkan paskah itu bagi-Mu?” Setelah berhasil mempersiapkannya, maka "mereka duduk dan makan." Markus 14 : 12, 18 ; Matius 26 : 1 – 21 ; Lukas 22 : 1 – 15 ; Yahya 13 : 1, 2.

Sambil berpegang bahwa Sabat hari yang ketujuh itu dikendalikan oleh kalender bulan (lunar calendar), gantinya oleh siklus mingguan yang bebas, maka