Ringkasan

 

Jam-jam Malam Hari
 (Matahari Masuk) 1-2-3-4-5-6-7-8-9-10-11-12

 

Jam-jam Siang Hari
(Matahari Terbit) 1-2-3-4-5-6-7-8-9-10-11-12


 

Dengan memeriksakan jam-jam yang disebut oleh para penulis injil pada diagram di atas, maka pembaca akan melihat bahwa tidak ada kemungkinan apapun oleh mana membuat semua peristiwa ini mengisi hanya satu hari saja. Untuk memulainya, periksakanlah "jam enam" yang pertama --- pemeriksaan (Yahya 19 : 14); kemudian periksakanlah "jam tiga" --- penyaliban (Markus 15 : 25); berikutnya, periksakanlah "jam enam" yang kedua --- penggelapan matahari (Markus 15 : 33); kemudian, "jam sembilan" itu --- kematian (Markus 15 : 34 - 38); dan terakhir, "jam dua belas" itu --- penguburan (Markus 15 : 42, 46).

Dari sini akan terlihat, bahwa semua peristiwa ini tidak terjadi dalam satu hari dua belas jam saja, dan bahwa karena sebab itulah tak dapat tiada Kristus telah dibawa ke hadapan Pilatus mungkin pada tengah malam menjelang hari Jumat pagi atau pada tengah hari, hari Kamis. Untuk menentukan yang mana, maka kita hanya perlu mencari tahu pada catatan Yahya dari hal pemeriksaan itu, dan catatan Yahya tidak membenarkan saat tengah hari, hari Kamis karena dikatakannya: "Itu adalah persiapan paskah", Yahya 19 : 14. Dan karena hari "persiapan" ini adalah hari Jumat, maka kita hanya dapat menyimpulkan bahwa Yesus telah dibawa ke hadapan Pilatus pada kira-kira tengah malam --- “jam enam" --- pada mana kita sebut hari Kamis malam, namun itu sesungguhnva adalah hari Jumat sesuai Kejadian pasal 1, dan sesuai dengan pemeliharaan hari Sabat orang Yahudi.

Sesuai dengan itu, maka Yesus telah ditangkap pada hari Kamis pagi-pagi sekali; diadili di hadapan Annas selagi ia itu masih gelap (Yahya 18 : 13); dibawa ke hadapan Kayafas di dalam perhimpunan Sanhedrin (Pengadilan terhadap diri-Nya yang resmi) pada dinihari (Matius 26 : 57; 27 : 1); berikutnya di hadapan Pilatus, hari Jumat, sebelum fajar --- kira-kira jam enam (Yahya 19 : 14); kemudian di hadapan Herodes (Lukas 23 : 7); kemudian kembali kepada Pilatus (Lukas 23 : 11); dan akhirnya ia disalibkan di pagi hari yang sama pada kira-kira jam tiga (Markus 15 : 25) --- yaitu jam 9.00 A.M., waktu sekarang.

Catatan waktu ini menunjukkan bahwa penangkapan atas diriNya, pengadilan terhadap diri-Nya, dan penyaliban-Nya telah diatur sebelumnya dengan saksama dan secara Iicik untuk berlangsung pada malam hari dan pagi-pagi sekali untuk menghindari terjadinya sesuatu huru-hara, karena "mereka takut terhadap orang banyak itu." Lukas 20 : 19.

Bahwa la tinggal di dalam kubur selama dua malam dan bangkit pada hari Minggu; bahwa tiga hari dan tiga malam adalah saat semenjak dari pengadilan resmi terhadap diri-Nya sampai kepada saat kebangkitan-Nya; bahwa perut bumi secara keliru telah diinterpretasikan dengan pengertian kubur, sedangkan sesuai yang ditunjukkan oleh pengalaman Yunus ia itu melambangkan Kristus di dalam tahanan oleh tangan orang-orang berdosa dan di dalam kubur (Matius 20 : 19; 16 : 21; 17 : 22, 23; 27 : 63; Lukas 9 : 22; 24 : 21; 18 : 33; 24 : 7; --- "Demikianlah ada tertulis, dan demikianlah perlu Kristus menderita, dan bangkit dari kematian pada hari yang ketiga." Lukas 24 : 46); bahwa lambang mengenai "tiga hari dan tiga malam" itu secara nyata telah digenapi semenjak dari hari Kamis pagi, saat pengadilan terhadap diri-Nya yang resmi, sampai kepada hari Minggu pagi sewaktu la bangkit; bahwa domba paskah yang sedang akan disembelih sewaktu Yesus berada di atas kayu palang itu, bukanlah domba yang telah disembelih pada hari pertama dari minggu Paskah, hari keempat belas dari bulan itu, melainkan itulah domba yang disembelih pada hari yang keenam belas, yaitu hari yang kedua dari pesta-pesta perayaan itu; --- semua ringkasan ini adalah secara kokoh didasarkan pada bukti-bukti yang kuat yang ditegakkan di sini dalam kesederhanaannya; bukan pada dongeng-dongeng atau pada terjemahan-terjemahan yang bagimu tidak dikenal, atau pada apa yang disebut "naskah-naskah asli," yang anda sendiri tidak mungkin dapat membacanya, dan yang tidak dapat dicapai olehmu, dan sebagiannya yang juga tidak ada.

Kini untuk menjernihkan masalah-masalah lain dalam kaitan ini, kita akan membicarakan pertanyaan: