Jam Dari Masing - Masing
Peristiwa


 

Dahulu, jam disetel pada angka dua belas, yaitu matahari masuk. Tengah malam dan tengah hari adalah pada jam enam, dan pagi pada jam dua belas. Dari sistem anutan waktu yang semula ini, maka catatan dalam kaitannya dengan pemeriksaan dan dengan penyaliban Kristus adalah dibuat sebagai berikut:

Catatan Yahya mengenai pemeriksaan itu menegaskan bahwa Yesus berada di dalam gedung pengadilan Pilatus pada "kira-kira jam enam" (Yahya 19 : 14), sedangkan catatan Markus mengenai penyaliban menegaskan bahwa Yesus tergantung di kayu salib pada "jam enam." Markus 15 : 33. Jelaslah, bahwa kedua jam "enam" ini adalah tidak mungkin sama, karena pada jam enam yang pertama Ia diadili di dalam ruangan pengadilan Pilatus, sedangkan pada "jam enam" berikutnya (tiga jam setelah Ia disalib, dan selagi Ia tergantung di kayu salib) matahari telah digelapkan; sesudah tiga jam lagi, --- yaitu dari "jam enam" sampai "jam sembilan", sewaktu matahari kembali muncul (Markus 15 : 33), --- Yesus meninggal (Markus 15 : 37).

Tetapi karena masih ada lagi suatu pendapat pribadi lainnya atas masalah ini, maka kami akan menganalisa suatu hasil akhir pertanyaan sebagai berikut,