APAKAH YESUS MEMAKAN PASKAH PADA
HARI PENYALIBAN-NYA ?


 

Pertanyaan:

Buku The Desire of Ages, p, 642, mengatakan : " pada hari Paskah itu dimakan, Kristus siap untuk dikorbankan." Jika Paskah itu dimakan pada Rabu malam, maka bagaimanakah mungkin la telah disalibkan pada hari Jumat, dan penegasan itu juga benar ?

 

Jawab:

Sekiranya si penanya mau dengan seksama membaca keseluruhan hubungan penegasan yang dipertanyakannya itu, maka ia akan cepat melihat, bahwa ia sedang salah menginterpretasikan perkataan "dikorbankan" itu yang digunakan oleh penulisnya. Penulisnya sendiri menginterpretasikannya dengan pengertian "penderitaan"Nya, yaitu suatu sebutan yang tidak mungkin terbatas hanya pada penyaliban-Nya saja, melainkan juga meliputi, sesuai yang diperlihatkan oleh hubungan pernyataan yang dipertanyakan itu, pemeriksaan terhadap diri-Nya, ejekan dan penyaliban-Nya :

"Pada ruangan atas dari sebuah tempat tinggal di Yerusalem, Kristus sedang duduk di meja bersama-sama dengan murid-muridNya. Mereka telah berkumpul untuk merayakan Paskah. Juruselamat ingin mengadakan pesta perayaan ini sendiri bersama-sama dengan kedua belas murid itu. la tahu bahwa jam-Nya sudah tiba ; la sendiri adalah domba paskah yang sebenarnya, dan pada hari Paskah itu dimakan, la akan dikorbankan. la sedang akan meminum dari cawan murka itu ; la harus segera menerima baptisan penderitaan yang terakhir itu. Tetapi beberapa jam yang tenang masih tersisa bagi-Nya, dan sekaliannya ini akan dimanfaatkan bagi kepentingan murid-murid-Nya yang kekasih." --- The Desire of Ages, p. 642.